Sabtu, 09 Januari 2016

perjalanan ruh orang yang durhaka




Perjalanan ruh orang yang durhaka (2)

Kali ini kita melanjutkan kemana perjalanan ruh orang kafir atau durhaka setelah di lemparkan dengan keras dari langit kemudian dikembalikan ke jasadnya dialam kubur.

Rasulullah melanjutkan : " Ia ( jenazah itu ) mendengar bunyi sandal sahabat-sahabatnya , jika mereka pergi darinya "
Selanjutnya datang kepadanya dua malaikat yang keras bentakannya , seraya membentaknya dan mendudukannya . kemudian keduanya bertanya kepadanya " Siapa Rabbmu.? " Ia menjawab " aa...aaa...,aku tidak tahu.." Kedua malaikat bertanya " Apa agamamu ..? Ia menjawab " aa...aaa...,aku tidak tahu." Kedua malaikat bertanya lagi " apa pendapatmu tentang laki-laki yang diutus ditengah-tengah kamu ..? Ia pun tidak ingat sama sekali namanya , sehingga malaikat mengatakan kepadanya " Muhammad " Ia menjawab " aa...aa..,aku tidak tahu ,dan aku hanya mendengar orang-orang menyebut-nyebut nama tersebut "
Rasulullah bersabda " Dikatakan kepadanya ,Kamu tidak tahu , dan tidak mau mengikuti orang yang tahu "
Kemudian terdengar suara penyeru dari langit " Sungguh ia pendusta ,maka hamparkanlah untuknya neraka ,dan bukakanlah untuknya pintu menuju ke neraka" ,saat itu ia akan merasakan panasnya hembusan api neraka dan angin panasnya . Kemudiannya kuburannya menghimpit ,sehingga tulang-tulang rusuknya saling bersilangan.

Selanjutnya datang kepadanya ,dalam riwayat lain datang perumpamaan , Seorang laki-laki yang berwajah buruk ,pakaian compang-camping serta menyebarkan bau busuk bangkai seraya berkata " Aku akan mengabarimu sebuah kabar yang tidak mengenakkanmun, ini adalah hari yang dahulu dijanjikan untukmu , ia ( jenasah itu ) menjawab " Juga bagimu , semoga Allah mengabarimu dengan sebuah kabar yang buruk ,siapakah kamu ini .? ,wajahmu adalah wajah orang yang selalu melakukan keburukan , Laki-laki itu menjawab " Aku adalah amalmu yang buruk , Demi Allah aku tidak mengetahuimu , selain kamu adalah orang yang selalu melalaikan ketaatan kepada Allah serta bersegera dalam melakukan kemaksiatan kepada Allah sehingga Allah membalasmu dengan keburukan.

Kemudian laki-laki itu menjadi buta,tuli dan bisu . Sementara pada tangannya menggenggam sebuah Palu godam yang jika sebuah gunung dipukul dengan godam tersebut , maka gunung itu akan menjadi hancur rata dengan tanah. Laki-laki itu memukulkan palu godamnya ketubuh si mayit  satu kali pukul ,sehingga tubuhnya rata dengan tanah. Kemudian Allah mengembalikan tubuhnya sebagaimana semula ,kemudian laki-laki itu memukulkan lagi palu godamnya ke kepalanya  dengan satu kali pukulan ,sehingga ia menjerit keras sekali yang hanya didengar oleh makhluk selain manusia dan jin.
Juga dibukakan untuknya pintu neraka serta dihamparkan alas dari neraka ,sehingga ia pun berkata " Wahai tuhanku janganlah engkau jadikan Kiamat ".

Saudaraku-saudariku semoga dirahmati Allah
Tidak diragukan lagi bahwa setiap kita berangan-angan dan berharap diselamatkan dari azab Allah swt serta memperoleh keridhoanNya . maka hendaklah kita terus menerus instropeksi terhadap diri kita sendiri , agar selalu tetap beramal sholih untuk menjadi saksi atas diri kita sendiri.
Allah ta'ala berfirman :

بَلِ الْإِنْسَانُ عَلَىٰ نَفْسِهِ بَصِيرَةٌ
Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri,

وَلَوْ أَلْقَىٰ مَعَاذِيرَهُ
meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya.
( qs.al Qiyamah :14-15 )

Hadits shohih : Imam Ahmad almusnad : 4/278,abu Daud:3210 , An Nasa'i : 1/282 , ibnu Majah : 1548-1549, al Hakim , ibnu Qayyim ( kitab i'lam al muqaqqi'in ) , ibnu Katsir dalam tafsirnya , syaikh Nasiruddin al Albani dalam kitab ahkamul janaiz - , dll. Allahu a'lam..

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
--------------------------------------------------------------------------------------

Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik dibawah
 < < <  atau  > > >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar