Sabtu, 23 Januari 2016

pembatas sholat atau sutrah



Pembatas sholat atau biasa disebut dengan sutrah adalah benda apapun yang dijadikan pembatas ketika kita sedang mengerjakan sholat , maksudnya agar orang tidak seenaknya lalu-lalang lewat didepan orang lain yang sedang mengerjakan sholat. Bentuk benda tersebut bisa benda yang kira-kira tingginya setinggi pelana kuda sebagai mana Rasulullah pernah mengerjakan sholat dengan meletakkan pelana kudanya atau menancapkan tombaknya untuk pembatas ketika sedang mengerjakan sholatnya, Bisa juga pembatas atau sutrah tersebut berupa tas yang sedang kita bawa, atau tiang-tiang masjid ,bisa orang yang sedang duduk dihadapan kita sebagai pembatas sholat sehingga orang tidak seenaknya lewat didepan orang yang sedang mengerjakan sholat. Rasulullah sholallahu alayhi wasalam bersabda. :

لاَ تُصَلِّ إِلاَّ إِلَى سُتْرَةٍ فَلاَ تَدَعْ أَحَدًا يَمُرُّ بَينَ يَدَيكَ

فَإِنْ أَبَى فَلْتُقَاتِلْهُ فَإِنَّمَا هُوَ شَيطَانٌ .

" Janganlah sholat kecuali menghadap sutrah ( pembatas ), dan jangan biarkan orang lain lewat di hadapanmu . Jika tetap bersikeras, maka cegahlah,sesungguhnya dia adalah syaitan "
( shohih,ibnu Kuzaimah:800, ibnu Hibban:2362-2369 ,al Baihaqi :2/268 ).

Saudaraku-saudariku semoga ditahmati Allah
Maka wajib hukumnya sholat dengan meletakkan sutrah dihadapan kita ketika sedang mengerjakan sholat ,karena Rasulullah telah memerintahkan kita ummat Islam untuk meletakan sutrah setiap kali mengerjakan sholat. Semua itu adalah menguatkan hukum atas wajibnya sutrah.
Adapun meletakkan tangkai atau garis tidak boleh dijadikan / digunakan sebagai sutrah,hadits yang berbicara tentang itu dho'if. Allahu a'lam...

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).

-----------------------
Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik dibawah
 < < <  - > > >    atau klik BERANDA


Ingin tambah ilmu agamanya,klik disini - - ->>  arilaswaja.blogspot.com






Tidak ada komentar:

Posting Komentar