Jumat, 08 Januari 2016

istighfar itu mendatangkan rejeki





Terkadang manusia itu kalau diajak  berdzikir utk mengingat Allah itu agak susah yaa pak...?. Tapi kalau diajak bersenang-senang berjoget ria , buka gambar yang aneh2  langsung semangat seakan mendapat energi baru dari luar...

Padahal  Allah dan Rasul-Nya memerintahkan hambanya utk memperbanyak berdzikir , atau banyak2 mengingat Allah. Sebagai mana Allah ta'ala berfirman :

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوْا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا   ۙ

Wahai orang-orang yang beriman! berdzikirlah kpd Allah ,
( dgn menyebut nama Allah ),  sebanyak-banyaknya,
 [QS. Al-Ahzab: Ayat 41].

Allah katakan agar hamba2nya banyak berdzikir kpd-Nya.
Dan diantara dzikir yang diperintahkan Allah adalah istighfar yang bisa mendatangkan Rejeki bagi kita.

dikisahkan dlm Tafsir al-Qurthubi, bahwa suatu hari ketika al Imam al Hasan al Bashri selesai memberikan ceramah kepada masyarakat negri Basroh serta murid-muridnya .
Kemudian ada beberapa orang yang ingin mengadu kepada al Imam al-Hasan al-Bashri . Orang pertama datang mengadu tentang lamanya paceklik, maka beliaupun berkata, “Beristighfarlah kepada Allah”.
Kemudian datang lagi orang kedua yg mengadu tentang kemiskinan yang dideritanya, Rupanya orang ini tidak sabar dalam menghadapi kemiskinan sehingga harus mengadu kepada al Imam al Hasan al bashri ,maka beliaupun mengatakan  “Beristighfarlah kepada Allah”. Orang ketiga atau yang terakhir ada yang meminta agar didoakan agar punya anak, al-Hasan bashri katakan  “Beristighfarlah kepada Allah”.

Datang sahabatnya yang bernama Ar-Rabi’ bin Shabih yang kebetulan hadir di situ bertanya, “Kenapa engkau menyuruh mereka semua untuk beristighfar?”.

Maka al-Hasan al-Bashri pun menjawab, “Aku tidak mengatakan bahwa hal itu dari diriku sendiri. Namun sungguh Allah telah berfirman dalam surat Nuh:

firman Allah ta’ala :

“فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً .

وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً”

Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka),wahai kaumku “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12)

Ayat di atas menjelaskan dgn gamblang bahwa diantara hasil ber-istighfar adalah turunnya hujan, lancarnya rizki, banyak keturunan, suburnya kebun serta mengalirnya sungai.

Saudaraku - saudariku semoga dirahmati Allah
Rasululah  shallallahu ’alaihi wasallam yang mengajarkan kepada kita, bahwa perbanyaklah baca istighfar ini merupakan salah satu kunci pembuka pintu rejeki, beliau bersabda :

“مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ

مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ”

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir). Allahu a'lam

Silahkan disebarkan sehingga bermanfaat bagi saudara kita yang lain

مَنْ دَلَّ علي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِه

" Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan.  Maka baginya mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan "
( Hr.Muslim : 3509 ).
----------------------------------------------------------

Silahkan buka halaman selanjutnya dengan klik dibawah
 < < <  atau  > > >


Tidak ada komentar:

Posting Komentar